KERETA API
Kereta tercanggih diduni, yang melayang diatas rel, bisa
melajuh empat kali lebih cepat daripada mobil. Hanya sedikit kereta modern yang
mampu menandingi sistem magnetic
levitation (Maglev) Cina dalam hal kecepatan dan efisiensi, tetapi kereta
bisasa juga memiliki kelebihan. Dibanding mobil, kereta lebih aman, rendah
polusi, dan bebas macet. Karena itu, kereta tetap populer meskipun telah
digunakan selama dua abad.
kereta uap
Kereta Pertama
Para penambang jerman mendorong gerobak di rel pada tahun
1519. Sejak tahun 1712, mesin uap digunakan di tanbang untuk memompa air.
Insinyur Inggris, Richard Trevithick (1771-1833) lalu mengombinasikan tenaga
uap dan rel untuk membuat lokomotif uap pada tahun 1803. Penemuannya
disempurnakan George Stephenson
(1781-1848), dan sejak tahun 1850, jalur kereta api menghubungkan kota-kota besar di inggris.
Lokomotif baru
Pada tahun 1913, lokomotif diesel mulai menggantikan
lokomotif uap. Mesin diesel membakar bensin yang menggerakkan piston-tidak
mengubahnya menjadi uao untuk mendorong piston. Artinya, untuk menarik kereta
yang sama, lokomotif diesel hanya memerlukan setengah dari bahan bakar yang
diperlukan lokomotif uap.
Tenaga Listrik
Tenaga paling efesien untuk kereta adalah listrik. Namun,
penyediaan listrik dari rel tambahan atau kebel di atas kereta menyebabkan
biaya pembanguanan jalur sangat mahal. Kereta listrik pertama mengangkut
penumpang di perkotaan dan di bawah tanah. Saat ini, listrik menggerakkan
jaringan rel tercanggih, seperti jalur untuk kecepatan tinggi, yang di atasnya
kereta bisa melaju dengan kecepatan lebih dari 200 km/jam.
Kereta Maglev
Listrik menggerakkan dan mengangkat kereta Maglev.
Elektromagnet di lintasan bertolakan dengan magnet kereta dan mengangkatnya
dari tanah. Elektromagnet lainnya
menjalankan kereta. Karena tidak menyentuh
apa pun, hanya gesekan udara yang mengurangi kecepatannya. Kereta Maglev
tidak membutuhkan roda pada kecepatan tinggi, tetapi beberapa menggunakan roda
ketika melaju perlahan dan saat ada masalah dengan sumber tenaganya. Kini,
kereta maglev bisa melaju dengan kecepatan hingga 430 km/jam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar